Monday, January 11, 2016

7 Game dan Aplikasi Virtual Reality Untuk Google Cardboard di Smartphone

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah Virtual Reality atau disingkat VR. Dunia virtual yang seperti kenyataan itu memang sedang populer akhir-akhir ini. Untuk mendapatkan pengalaman menakjubkan di dalam dunia virtual reality, Anda membutuhkan headset VR yang mumpuni seperti Oculus Rift dan lain-lain.


game dan aplikasi google cardboard
Perangkat VR murah meriah dari Google

Namun harga perangkat tersebut tidaklah murah, harga yang ditawarkan bahkan mencapai hingga jutaan rupiah untuk dapat memboyong perangkat tersebut ke tangan Anda. Namun Google telah menyediakan Cardboard dengan harga yang sangat terjangkau yang mendukung smartphone untuk dijadikan sebagai perangkat VR yang menjalankan aplikasi atau game-game VR.

Dengan menggunakan Google Cardboard, kita dapat merasakan pengalaman di dunia virtual tanpa harus mengeluarkan budget yang tinggi, karena harga dari perangkat yang terbuat dari karton ini sangatlah terjangkau. Untuk dapat menggunakan Google Cardboard, smartphone kita harus mendukung sensor gyroscope, karena sensor ini berperan sangat penting. Selain itu, kita juga membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk merasakan pengalaman di dunia virtual. Dan berikut adalah 7 game dan apilikasi untuk Google Cardboard VR:


CARDBOARD

Tampilan dalam game Cardboard
Anda akan diajak ke tempat-tempat menarik di bumi serta bisa juga melihat video dengan mode VR dan masih banyak yang lainnya. Namun banyak orang yang berkomentar, bahwa aplikasi ini cukup membosankan. Namun tidak ada salahnya mencoba karena aplikasi ini sendiri dapat diunduh secara gratis.


Caaaaardboard!

Ini merupakan salah satu game VR terbaik untuk perangkat mobile yang khususnya menggunakan Google Cardboard sebagai headset VR. Game yang merupakan versi custom dari game AaaaaAAaaaAAAaaAAAAaAAAAA!!! ini juga menawarkan pengalaman yang luar biasa.

Tampilan dalam game

Game yang dikembangkan oleh Dejobaan Games ini menampilkan efek grafis yang cukup memukau. Ukuran game-nya pun tidak terlalu besar, namun Anda harus membayar untuk dapat menginstal game ini.


Insidious VR

Anda penggemar film horor Insidious? Perangkat VR memang memuat banyak genre, salah satunya adalah dunia virtual horor yang mencekam. Terutama Anda penggemar film horror Insidious. Efek grafis, dan kualitas audio saat menggunakan earphone sangat mengesankan. Beberapa adegan dari film pendek ini ada yang akan membuat Anda kaget karena hantu yang muncul tiba-tiba.

Insidious-game-vr-cardboard
Game Insidious yang mencekam
Beberapa pengguna yang telah mencoba game ini menuliskan komentar yang menyatakan aplikasi ini cukup membuat jantung hampir copot dan membuat merinding. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, dan sudah download lebih dari 500 ribu kali unduhan.



Titan of Space

Dari namanya, Anda pasti sudah menduga jika aplikasi VR ini berhubungan dengan planet, bintang, galaksi dan semua benda yang ada di luar angkasa. Ya, game Titan of Space ini memang mengajak kita untuk tur di luar angkasa dengan mengenalkan kepada kita tentang letak tata surya dan benda-benda angkasa luar.

space-travel-vr-cardboard

Aplikasi ini juga menampilkan grafis visual yang menarik, sehingga betah beralama-lama menontonnya. Selain itu, aplikasi ini juga sangat cocok untuk sarana edukasi bagi anak-anak untuk memperkenalkan tentang luar angkasa dan sistem tata surya.



VRSE

Aplikasi yang masuk kedalam aplikasi VR terbaik untuk Google Cardboard ini akan mengajak kita melihat pemandangan-pemandangan yang sangat menakjubkan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa film atau scene yang bisa kita unduh di dalam aplikasi.


Grafis visual yang ditampilkan aplikasi ini sangat baik, khususnya untuk sekelas Google Cardboard yang notabene sangat sederhana karena terbuat dari kardus. Menariknya, aplikasi ini tersedia secara cuma-cuma dan telah diunduh lebih dari 500 ribu unduhan.

WAA! VR

WAA! VR adalah game VR yang cukup mengesankan dari segi gameplay maupun tampilan grafis visualnya. Aplikasi seharga 15 ribu Rupiah ini mengajak kita untuk menjadi astronot di luar angkasa. Game ini membutuhkan kecermatan dan fokus yang tinggi untuk dapat mengendalikan permainan.


Game yang cukup seru ini dapat dimainkan di segala usia, termasuk anak-anak karena game ini juga
membawa pesan edukasi.



YouTube

Siapa yang tak mengenal YouTube? Layanan streaming video secara gratis ini memang sangat popular di kalangan orang dewasa maupun anak-anak. Namun tahukah Anda jika YouTube versi mobile juga mendukung Google Cardboard?


Ya, aplikasi ini telah menyematkan fitur VR-Enabled yang memungkinkan Anda untuk menonton streaming video yang lebih realistis. Selain itu, YouTube juga menyediakan layanan tur dan hal-hal umum lainnya. Tentunya, aplikasi yang berada di bahwa payung Google ini dapat diunduh secara gratis.


Source: www.beritateknologi.com
Load disqus comments

2 comments